Search

PGSD go to School..

Pringsewu – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhamadiyah Pringsewu Lampung atau yang lebih dikenal dengan HIMA PGSD STKIP MPL mengadakan acara Goes To School di SD Muhammadiyah 2 Sukoharjo. (Selasa, 30/04/2019)

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja bulanan yang akan dilakukan oleh HIMA PGSD STKIP MPL.
Acara yang berlangsung sejak pukul delapan pagi itu diikuti oleh sekitar 200 peserta dari TK dan SD secabang Muhammadiyah Sukoharjo.

Adapun rangkaian kegiatan acara tersebut meliputi perlombaan mewarnai yang diikuti oleh sekitar 100 siswa TK dari TK secabang Muhammadiyah Sukoharjo dan lomba Dai dan Tahfidz untuk siswa SD yang diikuti oleh sekitar 30 orang dari SD Muhammadiyah secabang Sukoharjo.

Selain itu juga terdapat kegiatan Workshop untuk para dewan guru. Dimana workshop tersebut bertemakan media pembelajaran berbasis IT dengan pemateri Yuni Arnida M.Pd (Ka.Prodi PGSD STKIP MPL) dan Ali Hasan Maghribi (Mahasiswa PGSD STKIP MPL).

Dalam kegiatan tersebut guru diberi pelatihan dan pemahaman mengenai cara pembuatan media pembelajaran matematika berupa animasi game edukasi yang dibuat melalui aplikasi power point.

Menurut Ka. Prodi HIMA PGSD STKIP MPL selaku pemateri mengapa mereka memilih media Power Point sebagai sarana pembuatan animasi game edukasi karena aplikasi ini dimiliki oleh semua guru dan cara pembuatannya pun sangat mudah. Dimana tanpa menggunakan aplikasi yang sulit pun mampu membuat game dengan animasi yang dapat menarik perhatian siswa.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat kegiatan literasi untuk para siswa. Karena pentingnya budaya membaca pada anak usia dini. Dimana untuk melancarkan kegiatan literasi tersebut HIMA PGSD bekerjasama dengan Perpustakan Daerah untuk penyediaan Layanan Perpustakaan Mobil Keliling sebagai bahan literasi siswa. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa PGSD STKIP MPL membantu atau membimbing siswa dalam melakukan kegiatan literasi.

Rangkaian acara Goes To School yang dilakukan oleh Hima PGSD STKIP MPL dan SD Muhammadiyah 2 Sukoharjo ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan eksistensi dari Mahasiswa PGSD STKIP MPL sekaligus untuk meningkatkan literasi siswa serta membangun kerjasama dengan SD di Kabupaten Pringsewu.(NAH)